Senin, 22 Januari 2024

Program UPPO Optimalkan Penyediaan Pupuk Organik Secara Mandiri




Serang, WartaHukum.com - Pada tahun 2023 kemarin, Kelompok Tani (Poktan) Darma Tani yang beralamat di Desa Cerukcuk, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, merupakan salah satu penerima program Unit Pengolahan Pupuk Organik atau disingkat dengan UPPO.


Program pemerintah yang diluncurkan melalui Kementrian Pertanian ini sudah dilaksanakan beberapa tahun terakhir yang ditujukan untuk membantu petani memperbaiki kesuburan lahan dan mengurangi ketergantungan pada pupuk anorganik atau pupuk kimia.


Penggunaan pupuk anorganik yang telah berlangsung lebih dari tiga dekade secara intensif dan berlebihan telah menyebabkan degradasi mutu lahan karena terjadinya kerusakan struktur tanah, soil sickness (tanah sakit) dan soil fatigue (kelelahan tanah) serta inefisiensi penggunaan pupuk anorganik. 


Menyikapi terjadinya degradasi mutu lahan pertanian tersebut salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan penggunaan pupuk organik. Hal ini karena pupuk organik disamping menyediakan hara tanaman juga dapat memperbaiki struktur tanah, memperkuat daya ikat agregat (zat hara) tanah, meningkatkan daya tahan dan daya serap air, memperbaiki drainase dan pori-pori dalam tanah. 


Seperti dikatakan Berawi, Ketua Poktan Darma Tani mengatakan bahwa untuk program UPPO dirinya mendapatkan bantuan dengan jenis nominal sebesar Rp 200.000.000 dan untuk pencairannya terbagi menjadi dua tahap.


"Dari dana tersebut diperuntukan untuk pembelian Kerbau 8 ekor, kandang komunal, rumah kompos dan fermentasi, alat pengelola pupuk organik dan kendaraan roda tiga," kata Berawi, Senin (22/01/2024).


Senada dikatakan Ketua UPKK Abhas, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan ke kelompok tani Harapan 1. Dimana dengan adanya program UPPO ini, diharapkan ketersediaan pupuk organik diwilayahnya bisa mencukupi dan berjalan dengan baik.


"Tentu saja saya berharap program penyediaan pupuk organik secara mandiri ini bisa bermanfaat baik bagi kita semua," ungkapnya.


(Din)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top