Selasa, 09 November 2021

Adanya Dugaan Kecurangan Dalam Pilkades, Cakades Sukamanah Nomer Urut 3 Tolak Hasil Pilkades





Serang, WartaHukum.com - Salah satu calon Kepala Desa Nomor urut 3 yakni Suhilman menolak hasil pilkades yang diselenggarakan di desa Sukamanah Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Dijelaskan Panti Situmorang, SH selaku kuasa Hukum Suhilman, Bahwa dimana panitia pelaksana Pilkades diduga telah meloloskan salah satu calon kepala desa yang tidak sesuai aturan berlaku. Dimana seharusnya sesuai aturan Perbup no 3 tahun 2021.

“Calon kepala desa harus melengkapi administrasi secara lengkap dokumen yang sudah ditentukan, salah satunya ijazah yang dilegalisir, adapun ijazah hilang harus ada Ijzah pengganti yang untuk melengkapi administrasi calon kepala Desa” Tutur Panri Situmorang, Selasa (09/11/2021).

Akan tetapi, lanjut Panri, panitia meloloskan salah satu calon dengan hanya keterangan dari dinas pendidikan provinsi Jawa barat pada tahun 2008, surat keterangan 2008 menjadi dokumen yang dipakai untuk syarat administrasi pencalonan kepala desa 2021, untuk itu pihaknya sebagi kuasa hukum no 03 berpendapat bahwa Surat keterangan yang dikeluarkan dinas pendidikan provinsi Jawa barat sudah tidak berlaku untuk syarat administrasi pencalonan kepala desa Sukamanah.

“Karena sudah menyalahi aturan yang berlaku, dan kami duga panitia secara terstruktur dan masif melakukan dukungan dan kampanye untuk mendukung salah satu calon kepala desa no urut 2, Dan beredar video dimana salah satu anggota BPD dan Staf desa melakukan money politik di muka umum dengan membagikan sejumlah amplop yang dibagikan kepada masyarakat agar mendukung salah satu calon kepala desa no urut 2” Tuturnya.

Untuk itu pihaknya selaku kuasa hukum calon kepala desa no urut 3 berpendapat bahwa kontestasi pemilihan kepala desa Sukamanah Kec tanara kabupaten serang provinsi Banten sudah tidak Fair dan jujur.

*Maka kami berharap kepada Panwas Sukamanah Kec tanara kabupaten serang. Menindaklanjuti nota keberatan atau penolakan hasil pilkades Desa Sukamanah Kecamatan tanara, Dan kami berharap kepada panitia pelaksana Pilkades sekabupaten serang BPMD segera ambil alih terkait laporan dan nota keberatan atau penolakan hasil pilkades Desa Sukamanah, dari kejadian yang sudah terjadi, baik kepada bupati, ketua komisi satu (DPRD kabupaten serang ) Sekda kabupaten serang. Turut memberikan sanksi tegas kepada panitia sesuai aturan yang berlaku baik secara perdata mau pidana” Ucap nya.

Selain itu Panri Situmorang meminta agar Calon Kepala Desa yang memenangkan hasil Pilkades di Diskualifikasi dan menunda Pelantikan karena masih ada nya upaya Hukum yang sedang berjalan, dan berharap pihak kepolisian mengambil sikap jika ada pelanggaran pidana dalam penyelenggaran Pilkades tersebut.

“Kami selaku kuasa hukum calon kepala desa no urut 3 atas nama Suhilman. S. Sos. Agar kepala desa Yang menang di diskualifikasi dan menunda pelantikan kepala desa Sukamanah Kec tanara, karena pemilihan kepala desa Sukamanah sedang ada upaya hukum, kami pun meminta kepolisian juga wajib mengambil sikap dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa Sukamanah Kecamatan tanara apabila ada pelanggaran-pelanggaran pidana. 

(Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top